Soal2 uts semester 4

meskipun ini tidak semua,,dan tidak begitu lengkap. mungkin disini penempatannya menjadi rada kacau..dan juga tabel2 nya jadi ngilang…jadinya berantakan deh isinya….

setidaknya ada sedikit gambaran mengenai soal2 uts untuk semester 4. buat temen2 yang mo ambil lengkap,, ambil di gw aj kli ya… :p

SERBA SERBI UTS SEMESTER 4

UTS JARINGAN KOMPUTER

1.gambarkan model komunikasi data dan berikan satu contoh komunikasi data dengan mengacu pada model ini.
2.jelaskan (bila perlu gnakan contoh analogi) tentang perlunya layering dalam arsitektur jaringan komputer
3.apa yang anda ketahui tentang data rate dan bandwith? Bagaimana keterkaitan diantaranya? Jika dietahui sinyal ditransmisikan pada edium adalah binary dengan bandwith 1Mhz, maka tentukan (dgn enggunakan bandwith Nyquist) besarnya data rate pada kanal ini.
4.jika diketahui urutan Bit : 1010 0110 maka gambarkan dengan skema pengkodean NRZ-L, NRZI, Bipolar-AMI, Pseudoternary, Manchester dan diferential menchester.
5.tunjukkan efek timing error bila diketahui suatu sistem komunikasi data dengan data rate 100Kbps dan clock penerima 10% lebih cepat daripada penerima.

UTS ARSITEKTUR KOMPUTER

1.konversikan bilangan beikutini ke bentuk biner ‘two’s complement’ :
a.10
b.20
c.25
d.45
e.-10
f.-20
g.-25
h.-45
2.konversikan two’s complement berikut ini ke bilangan desimal :
a.1100 1111
b.0011 0101
c.1001 0101
d.0101 1001
3.gambarkan diagram h/w cmptr untuk penambahan dan pengurangan serta selesaikan perhitungan berikut ini untuk representasi 8bit two’s complement :
a.(-100) + (50)
b.(100) + (-50)
c.(-100) – (50)
d.(100) – (-50)
4.gunakan algoritma Booth unuk menyelesaikan perkalian berikut :
a.6 x 5
b.6 x (-5)
c.(-6) x 5
d.(-6) x (-5)
5.gunakan algoritma Booth unuk menyelesaikan pembagian berikut :
a.6 : 5
b.6 : (-5)
c.(-6) : 5
d.(-6) : (-5)
6.berikan representasi 32bit floating point untuk bilangan beriku ini :
a.0.101010 x 2 11100
b.-0.101010 x 2 11100
c.0.101010 x 2 -11100
d.-0.101010 x 2 -11100

UTS OBJECT ORIENTED PROGAMMING

1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a.Class dan objeck?
b.Encapsulasi objek?
c.Inheritance (beri contoh)?
2.buatlah program dalam java untuk menampilkan string “Saya Mahasiswa” : manjadi seperti berikut :
S
a
y
a
M
a
h
a
s
i
s
w
a
3.Buatlah class (nama atribute dan nama methode saja) untuk objeck buku perpustakaan! (jelaskan masing2 atribute dan metodenya)!

UTS STRATEGI ALGORITMIK

1.disebuah kelas terdapat siswa sebanyak n siswa dan sejumlah m mata pelajaran, dengan nilai2 sbb :

Nama siswa
Fisika
Kimia
Biologi
Sejarah
Bahasa
Junlh nilai
Rata rata
Ahmad
90
80
70
60
50

Eko
60
60
50
70
90

Fatimah
70
85
65
75
70

Salima
80
90
80
75
75

Kita ingin menghitung jumlh nilai dan rata2 dari tiap2 siswa, dengan menggunakan algoritma bruteforce. Tuliskan algoritmanya dan berapa kompleksitas algoritma tsb (dalam BigOh)!

2.dari jumlh rata2 tiap siswa tsb, menentukan peringkat/ranking siswa dikelas. Tentukan rangking masing2 siswa tsb, dengan mengurutkan nilai rata2 para siswa tsb dr yg paling besar k terkacil, menggunkaan algoritma bruteforce. Tuliskan algoritmanya dan berapa kompleksitasnya (dlm BigOh)!
Ket :
Input : Daftar nila rata2
3.guru biologi ingin mengadakan her remidial bagi mhs yg memiliki nilai biologi dibawah 60. tentuka siswa mana yg memiliki nilai biologi < 60, dengan menggunkan algoritma bruteforce. Tuliskan algoritmanya dan berapa kompleksitas algoritma tsb (dalam BigOh)!
Ket :
Input : daftar nilai biologi

UTS LOGIKA INFORMATIK

1.diberikn pernyataan “Tidak benar bahwa penjualan merosot maupun pendapatan tidak naik”
Misalkan :
P = “penjualan merosot”
Q = “pendapatan naik”
a. nyatakan pernyataan diatas dalam notasi simbolik!
b. berika pernyataan yang ekivalen secara logika dangan pernyataan tersebut
(petunjuk : gunakan hukum de morgan)
2.diberikan pernyataan “ Untuk mendapatkan satu kupon undian, anda cukup membeli dua produk senilai Rp 50000”
statement : if p then q
converse : if q then p
inverse : if not p then not q
contrapositive : if not q then not p
a.nyatakan pernyataan diatas dalam bentuk proposisi “ jika p, maka q “
b.tentukan ingkaran, konverse, inverse, dan kontraosisi dari pernyataan tsb!

3.diberikan pernyataan berkut :
setiap anjing adalah binatang, semua kucing juga binatang. Semua anjing binatang buas. Binatang buas bisa membunuh binatang lainnya. Andi memiliki kucing bernama “manis”. Amr memiliki anjimg benama “holly”. Setiap pemilik binatang tidak mungkin membunuh binatan apapun. Manis mati terbunuh. Siapa yang membunuhnya?

Buktikan dengan standard axiom schemata. Gunakan relasi binatnag, anjing, kcing, binatang_buas, membnuh dan memiliki.

4.Buktikan pernyataan pada soal no.3 dengan resolusi relasional!

UTS REKAYASA PERANGKAT LUNAK

1.apa yg diaksud dengan “ s/w dikembangkan atau direkayasa, ridak dibangun(manufactured) dalam makna klasik” ?
2.apa perbedaan mendasar antara waterfall model dengan prototyping model? Berikan contoh kasusnya!
3.context diagram
akan dibuat sebuah mesin minuman.
Cara kerjanya adalah sbb:
Seorang pembeli harus memasukkan koin dengan harga tertentu ke dalam mesin. Kemudian pembeli harus memasukkan jenis minuman yang dibeli. Jika koin yang dimasukkkan sudah memenuhi syarat harga beli, maka mesin akan mengeluarkan minuman yg dibeli tsb beserta kembaliannya(jika ada selisih harga).
Masalah ;
seseorang yang berusaha memasukkan benda tapi bukan koin kedalam mesin untuk mendapatkan minuman scara ilegal.
Seseorang yang iseng memasukkan sampah kdalam mesin yg akan menyebabkan kerusakan mesin.
Seseorang yang berusaha menekan tombol2 scara sembarang tanpa ada prosedur yg benar untuk mengacaukan mesin.
Buatlah context diagram untuk kasus diatas!
4.dalam perancangan sistem terdapat langkah pemetaan dari analysis model ke design model. Apa yang anda ketahui tentang pemetaan dari DFD dan ERD kdalam design model tsb?
5.rancangan suatu struktur program M mempunyai ketentuan sbb:
M dibagi menjadi 3 modul yaitu A, B, C
Modul A terdiri dari 2 modul yaitu D, E
Modul F dan G adalah subordinat dari B
Modul C menontrol H
Modul D mengontrol I dan J
Modul E mengontrol J dan K
Modul F dan G mengontrol L
Modul H adalah superordinat dari modul M dan N
a.gambarkan struktur program tersebut diatas !
b.tentukan width, depth, fan in dan fan out dari struktur program diatas!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: