Membuat ESRI Shapefile sendiri

Malem-malem bercuap-cuap…..
ya daripada bercuap-cuap di burung twitter terus…
mendingan ngisi blog aja dech… lumayan,,,lebih bermanfaat.
meskipun ga tau mo nulis apa???

Katanya sie blog itu buat nulis segala aktivitas kita sehari-hari…
katanya…. bukan kata gw…
ya klo gitu gw nurut aj dech,..
gw mo nulis tentang hal yg baru gw lakuin sekarang-sekarang ini!

MAsih tetep sama temanya…. ga jauh-jauh dari GIS (Geographic Information System)
alias peta…. ya peta digital yang sekarang ini banyak dipakai.
yang tadinya gue tau cuma kyk googlemap atau yahoomap….
yang gw cuma bisa pake aja tanpa tau gimana buatnya.
Ternyata si GIS ini dapat kita buat sendiri.
caranya ada banyak sie… berbagaimacam bentuk dan format ada.
tapi yang gw coba kali ini menggunakan format shapefile (ESRIshapefile).
salah satu format untuk membuat peta yang banyak digunakan.

Bingung??? dah pasti… tu format emank beda..khusus bwt bikin peta digital.
Boro-boro gw mo bikin…. tau ada format itu aja baru!!
alhasil gw pake format shapefile yang udah ada (donlot juga ada ko).
trus gw masukin ke Geoserver… jadi dech sebuah peta.
(apaan tu Geoserver?dh gw jelasin postingan sebelumnya!)
Yang namanya tinggal pake tentunya ga enak kan… ga bisa berkreasi!!!
dan tentunya ga bisa sesuai kebutuhan juga!!
akhirnya gw coba membuat tu shapefile sendiri.
Caranya??? dengan salah satu tools untuk membuat GIS.
Tentunya sebagai mahasiswa kost’an gw selalu pakai gratisan :p
pakailah yang opensource !!!!
Di install lah QGIS (Quantum GIS) di ubuntu
(caranya dah gw jelasin di postingan sebelumnya!)
Mulailah mengexplorasi tools2 yang ada di QGIS!!!
cukup sulit..karena baru pertama kali…
tapi akhirnya terbiasa juga…
dan di mulailah membuat peta sendiri.
ternyata bekerjanya seperti sistem layer…
mulai dari inisialisasi bentuk dan data yg akan dibuat,,
dengan titik2(vertex)…
bersatu dengan titik lainnya jadi garis(line)
dan bergabung dengan garis lainnya jadi poligon (polygon)
terbentuklah suatu bentuk peta…
beri keterangan/informasi pada bidang yg dibuat.. misalnya nama wilayahnya…
trus tinggal di save….
jadilah sebuah shapefile peta kita!!!!
Masukin ke GeoServer!!!
CLIIIIING!!!!! jadi deh peta!!!!
gampang kan!!!
sepertinya… walau pengerjaannya ga semudah itu!!!
walaupun hasilnya berantakan…
koordinatnya mlenceng sana sini!!!
sabodo teuing!!!!
yang penting gw bikin peta sendiri!!!
……………..🙂

Ko gitu doank sie penjelasannya????
ya iyalah!!! kan bukan tutorial!!!
wong gw cuma mo nulis kegiatan doank!!!
klo mo lengkap!!! ya donlot aja dari sumbernya langsung!!🙂
selamat mencoba!!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

