Install QGIS (Quantum GIS) di Ubuntu 9.04 Jaunty

Akhir-akhir ini saya disibukkan dengan hal-hal yang berbau GIS (Geographic Information System)
ya…sempat bingung sie..karna ini kali pertama saya mengenal kata itu.
Karenanya ada banyak sekali kendala yang dialami.
Salah satunya ialah aplikasi pembantu untuk membuat GIS ini sendiri.
Hal yang paling mendasar sebenarnya saya ingin tahu isi file .SHP itu apa kalau dalam bentuk text…

Setelah tanya sana sini akhirnya saya di beritahu bahwa ada aplikasi opensource yang lumayan cukup bagus
namanya ialah QGIS (Quantum GIS).
Tapi ada kendala yang dihadapi lagi… yaitu cara meng install di komputer saya yg kebetulan memakai Ubuntu 9.04 Jaunty
Di repository saya cari ga ada juga.
untuk itu ini langkah-langkah menginstall QGIS yang saya lakukan pada ubuntu saya.

1. Pada file /etc/apt/sources.list tambahkan 2 baris repository di bawah ini :
deb http://ppa.launchpad.net/qgis/stable/ubuntu jaunty main
deb-src http://ppa.launchpad.net/qgis/stable/ubuntu jaunty main

2. Download dan tambahkan qgis-PGP key berikut ke dalam system:
Buka System|Administration|Software Source
Masuk ke Tab Authentication. Cari dan masukkan file qgis-PGP key yang sudah di download.
Lalu update system dengan sudo apt-get update di console/terminal

3. Berikutnya buka Synaptic Package Manager. Search/Cari qgis

4. Klik kanan dan mark pada qgis.

5. Lalu install/apply

6. Tunggu hingga proses berakhir, bila kecepatan internet anda lambat, mungkin akan cukup lama.

7. Bila sudah selesai, Quantum GIS dapat di buka di Applications -> Education -> Quantum GIS

Selamat mencoba, mohon maaf bila ada kekurangan… GDLuck!!!!

    • Icul
    • May 29th, 2010
      • mahardi
      • May 31st, 2010

      mangstabs gan..!!!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

