Sisi Lain Transjakarta Busway

Sisi Lain Transjakarta Busway
(oleh2.. dari koridor 8 @ 23-february2009)

Hujan masih saja menemani kota ini.
entah itu pagi,, siang,, malam…
Hujan selalu datang tak di duga dan tak disangka.
Seperti Halnya hari ini…
Ada sekian hal yang mungkin dapat kutulis..
Dari perjalanan hari ini yang cukup melelahkan,,
Siang hari tadi Tepatnya,,

Hari ini gw berniat melakukan perjalanan dari Pamulang menuju BlokM..
Siang itu,,skitar pukul satu lewat… Matahari bersinar cerah..
Membuat kaki ini malas untuk melangkah..
saking panasnya…segelas sirup markisa yang dingin tak mampu untuk mengusir dahaga ini.
dengan langkah malaz tapi pasti., gw terpaksa melangkahkan kaki..
berjalan sambil menjemur badan ini di bawah teriknya matahari.
Setelah hampir 5 menit keluar rumah…
Tanda2 itu mulai muncul…
awan kelabu mulai mendekati…
Angin bertiup lumayan kencang…
Al hasil.. perjalan pamulang-lebak bulus ditemani dengan rintik2 hujan.

Sesampainya di lebak bulus,, hujan semakin deras…
Akhirnya Kuputuskan untuk menaiki kendaraan bernama Transjakarta atau Busway…
Yups…menurut yang kudengar di berita2 TV,, Koridor 8 L.Bulus-Harmoni baru saja di operasikan sabtu lalu.
waa… kebetulan sekali kupikir…
Sekalian mencoba..  maklum… baru pertama ini ku menaiki Busway koridor 8
Seperti apa ya?? apa sama saja seperti yang pendahulunya.
Memasuki halte,,setelah membeli tiket..kulihat tidak terlalu banyak orang disana..
hanya para petugas yg mungkin sedang berteduh juga..
karna hujan gede.. haltepun menjadi kotor dan becek…
Beruntung… Pas di halte.. pas ada busway yg akan berangkat..
karna menurut berita,, armada busway belum smuanya beroperasi…
dan kulihat dibelakang juga belum ada busway yg datang..
jadi.. ya meskipun ga kebagian tempat duduk.. tetep di embat aja tu busway..
akhirnya… setelah baru beberapa melewati halte…
Keadaan di dalam terasa amat penuh… mungkin ini dikarenakan kurangnya armada yg beroperasi.. tapi .. OK lah.. masih dalam batas wajar kapasitas busway.., padahal itu bukan jam sibuk.
Rute koridor 8 cukup terasa asing bwt gw,, mklum… gw ga pernah muter2 jakarta.. Dan jalanannyapun tidak seperti biasanya…
Masih banyak menyatuny jalan/ga da pembatas antara jalur Busway dengan jalur umum biasanya…
Banyaknya lampu merah dan puteran… juga lagi2 pengguna jalan yg seenaknya melewati jalur busway kian memperparah kemacetan.
Perjalanan L.Bulus-Harmoni terasa lama dan menjenuhkan.. atau memang sebenarnya lama kali ya…
Jenuh dengan perjalanan panjang.. Bus yang penuh.. Kmacetan disana sini…
satu-satunya pengusir kejenuhan saat ialah mendengarkan lagu2 Jazz dr mp3 sambil memandang butiran2 air yg turun dari langit,, beruntung baru kmaren donlot tu lagu2.. jd terasa masih fresh… APA?? BAjakan??? hehee… :p EGP!!! kata basa perancisnya sie.. Sabodo teuing!!! yang penting ga gw jual lagi tu lagu2 :D…

Sesampainya di halte Grogol.. ternyata itu pemberhentian terakhir.. dan untuk sampai di harmoni.. harus menyambung dengan busway yg lainnya lagi…
Banyak dari pengguna TJ ini yg tidak tahu.. dan bingung harus lewat mana???
Walaupun sebenernya gw dah denger juga di berita,, tapi keder juga.. karna untuk menyambung… harus jalan cukup jauh juga untuk menyambung ke TJ berikutnya..beruntung ada petugas yg siap siaga memberitahu.
Grogol-Harmoni….
fuih… merasa ada di truk yg mengangkut kambing dan sapi!!!
sangat..penuh..sesak…sekali…!!!
klo gw kira sie,,, udah melebihi kapasitas yag ada.. mungkin 2X lipetnya..
Badan terasa terhimpit.. ga bisa gerak sama sekali…beruntung masih bisa dapet pegangan…..
Tua..muda..cowok..cewek… udah ga jadi pembeda lagi disini…
semuanya… jadi satu.. terhimpit..dan terjepit juga…
yaa abis mo gmana lagi.. kedaannya udah kayak gini ko!! beruntung cuma sebentar aja… dan akhirnya sampai juga di harmoni….
hmm..akhirnya bisa bernapas kembali…
Jadi beginilah rasanya naik kendaraan yang dibanggakan kota jakarta ini :p
Memang sie.. Gw ga bisa boong… dengan adanya TJ ini gw merasakan terbantu sekali.. dan juga bermanfaat.. di samping harganya rada miring… disni ga ada yang ngerokok BUNG!!! Tukang asongan.. pengamen.. ga ada.. dan copet juga… emmm jarang mungkin ya,…
Tapi… Ya tolong dong…..
Pelayanan dam mutunya itu lho…… GA bANGET!!!!
kan malu klo ada turis mancanegara.. trus coba naek TJ…
dan mereka mengalami hal yang gw rasain…
malu2in kita sendiri kan….
blum lagi… panjangnya antrian di halte2 transit..
harmoni… dukuh atas… matraman… senen..????? dan halte2 lainnya…

Memang mengkritik tidak akan menyelesaikan masalah..
tapi klo ga dikritik2… bisa2 tambah ga bener aja…
Dan mungkin sekedar cerita sedikit..
beberapa minggu yang lalu tepatnya.. Waktu itu klo ga salah naek TJ BlokM-Kota..
Siang itu TJ tidak begitu penuh.. tapi tetep aj ada yg berdiri…
termasuk gw sendiri.. yg memang hampir setiap naik TJ kebagiannya berdiri terus,…
beberapa anak muda juga ada yang berdiri.
Tidak ada hambatan sepanjang perjalanan… tetapi saat TJ melaju Cukup cepat..(NB:kadang2 ada supir yg seenakny aj bw kendaraan,,ga mikirin penumpangnya!) .. tiba..tiba…
GUBRAK… terdengar suara cukup keras dibagian belakang.. seperti ada sesuatu yang rubuh!!!
Otomatis semua penumpang tersentak kaget.. dan menoleh ke arah belakang…
Disitu terlihat seorang pemuda yang duduk dilantai.. lebih tepatnya lagi sie setengah tiduran…
Ternyata dia terjatuh setelah pegangan yang ia gunakan talinya putus….
WHAT??? tali pegangannya PUTUS??????
ya,.. ini bener2 terjadi.. mungkin ini bukan yg pertama kalinya… tapi baru ini yg gw liat dengan mata kepala sendiri…
Bisa ngebayangin ga….
gimana itu klo menimpa sama ibu2…?? orang tua…????
apa jadinya… Belum lagi klo jatohnya menimpa penumpang lain?????
sementara si supir dan petugas yang menjaga pintu hanya melirik sebentar…
lalu diam saja seribu bahasa… seolah2 ga terjadi apa2.. atau memang sudah byasa kali ya????
sementara penumpang lain bergumam pelan.. mungkin membicarakan pegangan yg putus itu juga kali ya… tapi entahlah… karna perasan gw waktu itu bercampur aduk.. antara pengen ketawa(Lucu juga sie posisi jatohnya)…..kasian…dan kesal juga…. ya..menambah kekesalan dari sekian banyak kekesalan dari alat transportasi ini.. tapi meskipun begitu… Gw memang membutuhkannya.. Ya apa mo di kata… terpaksa gw selalu setia menaikinya,,meskipun sudah tau resiko yang akan terjadi.

Dan sesampainya di Harmoni…(setelah perjalanan dari L.Bulus tadi)
Halte tidak terlalu ramai…
dan TJ yg menuju BlokM pun tidak terlalu lama menunggu.. dan tak terlalu penuh juga… Meskipun bgitu.. tetep gw berdiri.. sampai akhirnya di halte Karet baru gw bisa duduk melemaskan otot2 kaki ini. Hujanpun sudah mulai reda… Perjalanan terasa lancar dan cukup nyaman hingga pemberhentian gw terakhir di Halte Masjid Al Azar.
Huuaaaahhh…..
perjalanan terasa amat panjaaang…. cukup menguras tenaga dan meletihkan..
Kepala juga rada pening,, karna setelah terguyur hujan di halte lebak bulus…di dalam busway AC pun menyala deras tepat menuju ubun2 gw!!
Perjalanan yang byasanya di tempuh tidak lebih dari 2 jam.. kini gw tempuh dalam waktu hampir 3 jam…
yups.. seperti yang sudah gw perkirakan sebelumnya…
karna salah satu statementku mengatakan.. Naik busWay!!!..perjalanan akan semakin lebih lama…🙂
Tapi dibalik itu semua!!! Busway merupakan salah satu alat transportasi favorite gw!! sampai saat ini…
Ayo.. kita dukung perkembangannya… dan juga pelayanannya pastinya…😉
I LOVE U TRANSJAKARTA!!!!! (o,O)V

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: