Antara SBY, Gates, dan Aku

.Kisah, cuap-cuap dan serba serbi dibalik SBY, Gates dan Diriku dalam rangka acara :
PRESIDENTIAL LECTURE FEATURING BILL GATES (Chairman, Microsoft Corp) 9 May 2008, Plennary Hall, Jakarta Convention Center – Indonesia.
Ada hal yang lain dari biasanya pada hari jum’at 09/05/2008 ini. Ada suatu agenda yang cukup langka dan menarik yang ada dalam jadwal kegiatanku hari ini. Yups..betul hari ini ada acara yang cukup menarik, Bill Gates akan memberikan kuliah umumnya di indonesia, tepatnya di Jakarta Convention center (JCC) Senayan Jakarta. Dalam rangka menghadiri Presidential Lecture bersama bapak presiden kita SBY.
Diwarnai dan dimulai dengan suatu kejadian yang cukup mengesalkan. Gimana ga mo kesel, gw yang sudah menyiapkan agenda ini sejak tadi malam, pagi ini malah bangun kesiangan.. ga tau setan apa yang menutupi kelopak mataku, sehingga tak terasa saat aku bangun jam di hp ku telah menunjukkan pukul setengah 6 pagi, padahal alarm dah disetel ampe 3 kali dan gw sudah janji harus sampai kampus pukul 6 pagi. kontan saja diriku ini kaget, tanpa dikomando lagi, tubuhku ini langsung bergerak terperanjat bangun…langsung menyambar handuk dan pergi ke kamar mandi. beruntung pada saat itu kamar mandi sedang kosong. setelah jebar jebur mandi secepat kilat, berpakaian dan solat subuh(sebenernya sih solat pagi..hehee…:p ), langsung cabut pergi ke kampus, tanpa sempat sarapan terlebih dahulu. Beruntung jarak dari kost’an dan kampus cukup dekat, aku sampai kampus pukul 6.15. Ternyata masih banyak teman2ku yang datang telat juga. Nyesel juga gw buru2 tau bgini gw nyantai aja dech. Dasar mahasiswa..ga pernah bisa ontime…:p
Berangkat dari kampus pukul setengah 7 menuju JCC Senayan memakan waktu sekitar 10-15 menit perjalanan. Memasuki parkiran, ternyata sudah banyak dipenuhi mobil2 ada juga yang datang menggunakan Bus. Tiba di JCC sudah ramai riuh dipadati orang-orang dari berbagai macam kalangan. Ada pejabat, pengusaha, bule2, dan juga tentunya mahasiswa dengan berbagai macam warna warni almamater. Mereka semua terlihat Rapi dan sopan, dengan menggantung nametag di dada dan undangan ditangannya, karena acara ini tidak terbuka untuk umum, terbatas hanya untuk undangan saja. (Kupikir..beruntung juga bisa mengikuti acara ini).
Sekitar pukul 7 kurang, halaman depan JCC masih dipadati orang-orang yang berlalu lalang berdatangan dan bersiap-siap untuk melakukan registrasi. Ada juga yang masih menunggu teman2nya,,seperti yang dilakukan aku dan teman2ku, menunggu untuk kumpul semua dan masuk bersama-sama. Saat memasuki pintu masuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan standar (tidak ada yang spesial), menunjukkan nametag, scaning tas dan melewati pintu kemana saja doraemon (Sebutan gw buat pintu besi segi empat untuk pemeriksaan tubuh yang desainnya kaku banget, ga da seninya!). Masuk kedalam JCC yang terbilang cukup megah, kita disambut dengan 3 spanduk dengan ukuran cukup besar bertuliskan Presidential Lecture Featuring Bill Gates terpampang di kanan, kiri dan depan. Didalam sudah ramai dipadati orang, kami segera menaiki tangga untuk menuju pintu masuk yang menuju tribun plennary hall JCC(karena mahasiswa disediakan tempat di tribun atas). Sekitar pukul 7 lewat gw sudah masuk ke dalam Plennary Hall JCC, dan duduk di tribun atas bersama-sama dengan mahasiswa dari berbagai universitas, dengan berbagai macam warna warni almamater yang dikenakan, ruangan terasa meriah, tidak terlihat seperti biasanya, penampilan mahasiswa pada rapih2 dan sopan semua sedangkan dibawah terlihat para tamu undangan memasuki ruangan dan menempati tempat duduknya. Menurut informasi yang gw baca sih, acara ini akan dihadiri oleh 2500 orang. Setting dan dekorasi ruangan terasa cukup standar dan menurut gw sih biasa-biasa aja. tidak terlalu menarik, dengan dua layar besar dikanan kiri, satu layar panjang di depan, dan di dominasi dengan warna biru muda, dengan ukuran panggung yang tak terlalu luas tapi cukup besar untuk ditempati oleh dua orang.
Menunggu adalah hal yang paling membosankan. Ya, karena di jadwal acara dimulai pukul delapan, maka kami semua harus menunggu cukup lama. waktu luang ini diisi para mahasiswa dengan mengobrol, berfoto-foto(pada narsis semua), tiduran, ada juga yang keluar masuk untuk pergi ke toilet. Mungkin juga ada yang berknalan dengan anak dari kampus lain, yaa sambil menyelam minum air, siapa tau aja bisa dapet gebetan baru!. Sedangkan diriku..harus menunggu dengan perut yang cukup menyiksa diriku..lapeer banget bo!!!.. maklum,blom makan..udara di dalam ruangan menambah siksaan pada diriku. aduuh..ko’ ga da konsumsinya ya…(dalam hatiku).
Pukul delapan, dari layar ditampilkan pak SBY yang baru turun dari mobil sedannya(mobil rakyat sih sebenernya) mengenakan jas seperti biasanya dan disambut jabat tangan oleh..mungkin menteri kali ya..(maklum ga pernah ngapalin nama2 menteri lagi kayak pas SD dulu…hehee..) kontan saja rungan yang tadinya gaduh sekarang menjadi terhening..mata semua tertuju pada gambar yang ada di layar, diiringi dengan pemberitahuan MC yang mengatangan kedatangan pak SBY. semua yang ada dalam ruangan menjadi bersemangat kembali, ruangan menjadi gaduh lagi membicarakan kedatangan pak SBY., tapi pak SBY tidak langsung masuk ke ruangan, melainkan terlebih dahulu masuk keruangan khusus (katanya sih VVIP), dan tidak begitu lama berselang..Bill Gates pun datang mengenakan pakaian khas indonesia (batik) dengan muka yang ceriah dan senyuman, semua mata kembali tertuju pada layar dan kegaduhan pun kembali terjadi menyambut kedatangan Bill gates, seperti SBY, Gates pun terlebih dahulu masuk keruangan VVIP, kata MCnya sih sedang mengadakan pertemuan dengan pa’SBY. Cukup lama mereka berdua mengadakan pertemuan, sedangkan di dalam ruangan Plennary Hall, rungan cukup gaduh, kebanyakan mereka semua membicarakan mengenai SBY dan Gates, ada juga yang bergosip dan menebak-nebak sedang apa mereka berdua, ada yang bilang mungkin lagi sarapan kupat tahu dulu…Gates nagih utang ke SBY….Mereka b’dua lagi becanda..dan lain sebagainya.
Akhirnya sekitar setengah 9 mereka berdua masuk ke dalam ruangan, disambut tepuk tangan dan sambutan yang sangat meriah dari semua peserta, wartawanpun tak kalah sibuk untuk menangkap moment yang cukup langka ini. Semua terlihat bersemangat dan antusias sekali, penantian yang cukup lama berakhir sudah, anehnya tiba2 laparkupun menjadi hilang (aneh bin ajaib). MC menyuruh semua peserta berdiri untuk menyambut pa’SBY dan Gates anehnya semuanya pada nurut lagi.. pa’SBY mengenakan batik (yang entah sejak kapan ia mengganti jasnya) dan senyuman yang menunjukkan kewibawaannya sebagai seorang presiden, disampingnya berdiri sosok kurus tinggi dengan rambut pendek tidak begitu rapi dan senyuman yang ramah, mengenakan batik warna keemasan, Gates terlihat menawan dan lucu mengenakan pakaian itu(mungkin karna kali pertama gw liat Gates pke batik kali ya). Terlihat dari pancaran wajahnya yang bersemangat, antusias dan ramah mencerminkan sesosok pribadi yang berkarakter, berpikiran maju dan bervisi misi jauh kedepan (pada saat itu telah kubebaskan pikiranku dari OpenSource&Microsoft ataupun pria terkaya ke-3 dunia, yang sedang kulihat sekarang ialah seorang manusia yang mempunyai potensi tinggi). Kata salah satu media yg gw baca sih pakaian batik gates hampir sama dengan yg dikenakan paspampres, tapi menurut gw sih ga begitu sama, batik yang dikenakan paspampres yang kulihat di depan gw dan yang berdiri di setiap sudut tribun atas warnanya tidak mencolok, biasa saja. Sambil melambaikan tangan, mereka berdua menuju tempat duduk yang telah disediakan di panggung.
Acara dimulai dengan pembukaan yang dan sambutan yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan Marie L. Pangestu setelah itu disusul dengan ceramah yang dilakukan oleh pa’SBY yang menyambut kedatangan Bill Gates. Tidak terlalu lama SBY berbicara dipanggung, setelah 20 menit SBY berbicara, akhirnya tiba pada saatnya giliran Gates, lucu juga, karena belum dipersilakan maju, Gates sudah berdiri dari duduk, segera saja Marie bergegas menuju microfon sehingga akhirnya Gates duduk kembali, kontan saja seluruh isi ruangan tertawa melihat kejadian yang lucu ini, sedangkan Gates hanya tersenyum saja(entah dalam hatinya merasa malu atau jengkel). Setelah Marie mempersilahkan Gates maju, Gates kembali berdiri dari duduknya dengan sambutan dan tepuk tangan yang meriah dari para peserta yang hadir. Dalam kuliahnya kali ini Gates berbicara mengenai ‘The Second Digital Decade’ bagaimana teknologi akan sangat mempengaruhi kehidupan. Untuk jelasnya mungkin sudah banyak diberitakan, jadi ga gw tulis disini. Ia juga memperagakan software untuk astronomi yang gw bilang sih cukup bagus dan menarik juga untuk pendidikan apalagi kalo gratisan :p. Hadir juga tim Aksara dari ITB dan berbicara diselang presentasinya Gates. Dan berakhir dengan tanya jawab dari 5 orang (3 undangan 2 mahasiswa) entah sejak kapan kesempatan bertanya itu diberikan, karena tau-tau sudah ada 5 penanya. Mungkin banyak dari peserta yang hadir kecewa dalam penentuan kesempatan bertanya itu. Sekitar 50 menit Gates memberikan kuliahnya dengan antusias dan suaranya yang khas, di tribun atas tempat mahasiswa berada kejadiannya bermacam-macam, ada yang bersemangat mendengarkan kuliah, berfoto-foto narsis(walaupun sebelumnya telah dilarang mengambil gambar selain wartawan oleh MC), bolak-balik ke WC(beser kali ya), ngobrol, ngelamun, bosan, dan seperti yang sering dilakukan mahasiswa pada saat kuliah, yaitu tidur!.. ada juga yang melirik-lirik cewe2cantik dan cowo2ganteng dari universitas lain. Sedangkan diriku..kembali dihantui dengan rasa lapar dan bosan. Klo di bawah, tidak begitu terlihat karena jarak pandang yang cukup jauh, Paspampres selalu siap siaga mengawasi seluruh peserta yang hadir(entah apa yang ada dalam pikirannya, apakah tegang takut ada terorist apa cuci mata melihat mahasiswi2 kinclong..hehe..maklum terlihat masih pada muda). Tempat duduk yang disediakan terlihat tidak begitu penuh, apalagi yang di bawah, masih cukup banyak yang kosong, sungguh sangat disayangkan sekali. Dan acara ini akhirnya ditutup oleh Marie L. Pangestu disambut kembali dengan tepuk tangan meriah dari semua peserta, SBY dan Gates pun melambaikan tangan sembari meninggalkan ruangan. Semua pesertapun kembali berdiri. Tadinya sih gw males diri, berhubung pada bediri semua, ya terpaksa dech ikutan diri. Yang laen kayaknya sich gitu juga. Pa lagi klo yang tidur kali ya.
Satu hal yang sangat mengecewakan diriku mungkin juga peserta yang lain. Yang membuat cukup memalukan negara kita. Yaitu soal infrastruktur dalam acara ini. Sangat kurang bagus sekali. Dimulai dengan infocus yang tidak berjalan dan berfungsi dengan baik. Kadang2 yang nyala Cuma satu, warnanya yang berubah rubah (seperti infoccus di kelas gw yang dah rusak), dan gambarnya terkadang tidak jelas. Disusul dengan kejadian yang memalukan pada saat microfone yang menempel di batik Gates tidak berfungsi. Pada saat itu gw merasakan ketegangan dan kekecewaan di semua peserta yang hadir, semua terdiam sejenak (dalam hati gw “Gila…acara berskala kenegaraan seperti ini ko kayak begini banget sih, sampe microfone aja ga nyala), kulihat wajah SBYpun terlihat agak kesal melihat kejadian ini, beruntung akhirnya microfone segera diganti oleh panitia, dan suara Gates kembali terdengar “Hello, hello. Aah.. that’s great,” ujar Gates, semua tertawa dan dimotori oleh mahasiswa semua peserta kembali bertepuk tangan menandakan ketegangan berakhir sambil berteriak(kata gw sih kyk lagi nonton bola aja..dasar mahasiswa). Sungguh mengecewakan dan memalukan sekali, sepertinya panitia tidak melakukan persiapan yang cukup baik, masa acara seperti ini kalah sama acara yang diadain di Auditorium kampus gw. Dah gitu soal setting panggungnya, klo difoto sih mungkin terlihat cukup bagus, namum klo dilihat secara langsung menurut gw ga bagus-bagus amat, dengan ukuran Plennary Hall yang cukup besar panggung terlihat biasa-biasa aja.
Sekitar pukul 10 acara berakhir, setelah SBY dan Gates meninggalkan ruangan, para peserta pun menyusul keluar meninggalkan ruangan termasuk gw sendiri yang keluar dari tribun atas bersama dengan teman2 yang lainnya. Namanya juga mahasiswa, kapanpun dan dimanapun pasti selalu narsis, bukannya segera meninggalkan JCC tapinya menyempatkan diri dahulu dengan berfoto-foto ria. Mereka berkelompok sesuai dengan almamater yang dikenakan dan Bak fotografer dan fotomodel dadakan berpose untuk di foto dengan background spanduk besar(ya walaupun ga bisa ber’pose bareng SBY&Gates seenggaknya ber’pose sama spanduknya lah!) yang berisi mengenai acara ini(mungkin akan dipamerkan ke anak cucu mereka kali ya..he..he… ’Niee..Mbahmu dan eyankmu dulu pernah ktemu sama presidenRI ke-6 bapa’Esbeye dan Bos Mikocof mBillGet’), walaupun sebenarnya kegiatan ini menghalangi para tamu undangan yang mo keluar dari ruangan. Malu2in ya…ya maklum aje..namanye juge mahasiswe…(soalnya diriku juga ikut dalam ajang ini :p ). Setelah puas berfoto-foto kami keluar dari JCC, di depan mobil2 mewah sudah menjemput para pemiliknya (sayangnya ta’ada satupun dari sekian banyak mobil2 mewah itu yang datang ngejemput gw :p ). Kami menunggu dihalaman depan sampai semua teman berkumpul, untuk pulang ke kampus bersama karena ada sebagian teman kami yang sedang makan karena ta’kuat lagi menahan lapar. Ternyata disana kami bertemu dengan warek2 bidang kemahasiswaan pa’Ahmad Lubis, selidik punya selidik ternyata ia sedang menunggu taksi, sepertinya ia tak membawa mobilnya kemari, kami pun mengajak beliau untuk pergi bareng kembali ke kampus, beliaupun menyetujui. Setelah terkumpul semua, kami menuju parkiran untuk menaiki mobil dan berangkat menuju campus tercinta Universitas Al Azhar Indonesia, tempat dimana Ayat Ayat Cinta tumbuh indah bersemi (Ga’denk…itu sich Al Azhar Cairo…:p..) Berakhir sudah salah satu agenda dalam hari jum’atku ini. Yang demi kuliah Presidential Lecture ini, gw rela bolos ga masuk kuliah umum di kampus yang pada kesempatan kali ini akan diberikan oleh PresDir Indosat dan sebenernya wajib untuk gw ikutin. 2 agenda penting yang harus dipilih dan mengorbankan salah satunya, karena hidup adalah pilihan(so’puitis bgt sich gw!). Ah..ga pa pa dech.. sama2 kuliah umum ko!!!! He..he…..🙂

  1. hehe kalo ane sih liatnya bener2 di tempat vvvvvip ki, bisa sambil tiduran, makan, cuma pake sarung doank, dan yang paling penting : bisa lihat dalam jarak yg sangat dekat (close up gitu lho) kekkeke🙂

    maklum liatnya di siaran langsung TVone;) btw keep sharing, this a good work bro!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: