hope

Mencari sebuah jarum diantara tumpukkan jerami. Memanglah bukan suatu hal yang mudah. Bisa dibayangkan betapa rumitnya bila kita ingin mengetahui apa yang akan terjadi dalam hidup kita yang penuh dengan misteri dan rahasia ini. Apakah memang benar-benar ada orang yang dapat meramalkan masa depan kita. Ataukah ia hanya mengarang belaka. Kian banyak kian menjamur. Banyak orang yang mengaku bahwa ia bisa mengetahui kejadian yang akan terjadi di masa depan. Masa yang akan datang, yang belum pernah kita lalui sebelumnya.

Pernah kuberpikir bahwa semua orang dapat meramalkan masa depannya. Mengetahui kejadian yang belum pernah dialami. Tapi sempat kuberpikir pula, apakah ini hanyalah sebuah pertanda. Pertanda bahwa alam semesta ini dan seluruh isinya menyimpan suatu misteri besar yang tak dapat dipecahkan dengan akal pikiran manusia. Mungkinkah insan sempurna ini dikaruniai anugerah yang sangat luar biasa, sehinga mampu untuk melihat masa depan. Ataukah adalah alam semesta ini yang memberikan kita kehebatannya bahwa kita ini hidup didalamnya.

Ingatkah kamu apa yang telah kau lakukan dimasa lalu. Seberapa kau mengingatnya. Seiring dengan bertambahnya umur, kita semakin melupakan kejadian yang telah kita lalui. Jangankan untuk melihat masa depan yang belum terjadi, melihat masalalupun sulit rasanya untuk mengungkap apa yang telah kita lalui dalam hidup ini.

Ingatkah kita kapan saat kita bisa berjalan mengunakan kedua kaki kita, berbicara mengucap kata mama papa, kapan terakhir kali kita mengompol pada saat tidur, berapa uang jajan kita pada saat kita kelas 1 SD, siapa nama nama teman sekelas kita, mainan apa yang terakhir dibelikan oleh orang tua kita. Mungkin ini pertanyaan yang seharusnya mudah, karena kita sudah pernah mengalaminya. Tapi sebagian besar orang tentu sulit untuk mengingatnya, bahkan sama sekali tidak adayang diingatnya.

Jalan kehidupan memanglah sebuah misteri, yang tentunya inilah yang terbaik bagi umat manusia. Tak bisa dibayangkan bila kita dapat mengetahui kejadian yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Mungkin kehidupan di dunia ini akan kacaubalau. Karena orang sudah mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya, sehingga manusia akan berbuat sekehendak hatinya saja.

Harapan, sebuah kata yang tentunya dimiliki oleh setiap insan manuia yang hidup normal. Harapan akan apa yang akan terjadi dimasa depan. Harapan akan nasib, takdir dan cinta. Harapan yang selalu membuat orang selalu mau berusaha, harapan yang dinanti nanti. Harapan yang membuat kita tetap semangat, pantang menyerah, karena harapan itu selalu ada. Walau sekecil apapun harapan itu, tetap selalu ada dan dinanti. Indahnya harapan. Sehingga dapat memberikan manusia suatu kehidupan yang penuh arti. Bayangkan bila manusia dapat meramal akan masa depannya, mengetahui kejadian yang akan menimpa dirinya di esok hari, musnahlah sudah harapan itu. Tak ada lagi yang namanya harapan. Dan hilanglah sudah satu keindahan di dunia ini.

 

 

Kupersembahkan bagi jiwa jiwa yang menanti harapannya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: